Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di Politeknik Manufaktur Astra

Politeknik Manufaktur Astra adalah salah satu lembaga pendidikan yang berada di Jakarta Utara, tepatnya di daerah Sunter dan gedungnya bersebelahan dengan gedung Astra Internasional. Pada awalnya lembaga pendidikan ini dibangun memang untuk memudahkan Astra mendapatkan karyawan baru yang memang dididik sesuai dengan budaya Astra. Sehingga sampai sekarang banyak alumni dari Politeknik Manufaktur Astra banyak yang bekerja di perusahaan Astra.

Politeknik Manufaktur Astra atau sering disingkat dengan Polman Astra, terdiri dari 4 jurusan utama yaitu, P4, TPM,MI dan Otomotif. Karena lulusannya adalah seorang diploma, matakuliah yang diajarkan pun lebih banyak praktek dibandingkan teori. Untuk menjadi mahasiswa/mahasiswi dari Polman Astra, terdiri atas 2 jalur yaitu jalur beasiswa dan regular. Untuk jalur beasiswa sendiri memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi,salah satunya nilai dari mata kuliah eksak saat SMA harus di atas 7. Keuntungan dari jalur beasiswa ini adalah bebas biaya kuliah sampai lulus dan mereka juga mendapat uang saku tiap bulannya. Untuk saat ini fokus saya adalah cara masuk mahasiswa regular.

Penerimaan Mahasiswa baru di Politeknik Manufaktur Astra sendiri berbeda dengan penerimaan mahasiswa baru PTN dan PTS lainnya. Polman Astra melakukan seleksi yang ketat dalam memilih mahasiswa/mahasiswai yang layak untuk kuliah di Polman Astra. Seperti definisi seleksi dalam ilmu SDM, seleksi adalah suatu tahapan untuk memutuskan pelamar mana yang akan diterima.

Tahapan dalam penerimaan mahasiswa baru sama seperti kita akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

1.    Register Formulir
Tahapan pertama yaitu kita harus membeli formulir dan mengisi formulir. Tujuannya adalah untuk agar pihak kampus mengetahui data lengkap tentang diri kita dan mengetahui jurusan apa yang ingin kita ambil.

2.    Psikotest
Tahapan berikutnya yaitu psikotest, dimana untuk jurusan teknik atau jurusan diluar Informatika , harus menjawab soal-soal seperti Matematika,Fisika dan Bahasa Inggris. Disitu kita harus menjawab pertanyaan atau soal, setelah itu kita harus menunggu pengumuman apakah kita lolos atau tidak. Karena untuk penilaiannya sendiri nanti nilai kita akan dibandingkan dengan nilai peserta lainnya atau menerapkan sistem gugur. Setalah kita lolos dalam tahap ini , tahapan berikutnya adalah mengerjakan tes potensi akademik (mencocokkan gambar, membayangkan gambar 2D dan 3D, test Pauli). Setelah kita lolos dalam tahap ini , tahapan berikutnya adalah wawancara.

3.    Wawancara
Tahapan ini dapat kita lalui setelah kita lolos di dua tahapan tes awal tadi , wawancara dilakukan dengan 1 Psikolog dan 1 Kaprodi, disitu kita akan dilihat apakah kita cocok atau tidak berada di jurusan yang kita pilih. Pertanyaan yang diberikan sendiri terdiri atas pertanyaan pribadi tentang diri kita, motivasi kita masuk di Polman Astra dll. Tahapan ini salah satu tahapan yang sangat penting, karena bila menurut mereka kita tidak cocok dengan jurusan yang ingin kita ambil, kita dapat dipindahkan di jurusan lain yang menurut mereka cocok ( Bila kita dipindah jurusannya itu kembali lagi terserah anak tersebut mau dipindahkan atau tdak).

4.    Medical Check Up
Untuk mendapatkan keputusan bahwa kita bisa melalui tahapan ini, membutuhkan waktu minimal 1 minggu. Setelah kita tahu bahwa kita lolos dan bisa mengikuti medical check up , kita bisa melakukan tes tersebut, sama seperti karyawan yang melakukan cek kesehatan sebelum bisa masuk kerja.

Setelah hasil tes kesehatan keluar dan hasilnya baik, kita resmi menjadi mahasiswa/mahasiswi Polman Astra. Namun, untuk memudahkan adaptasi Mahasiswa/I untuk berkuliah di Polman Astra, kita sebagai mahasiswa baru akan mendapat pelajaran tambahan seperti fisika, matematika, bahasa inggris selama 2 minggu, sebelum mulai perkuliahan normal. Lalu mahasiswa baru juga akan mendapatkan ospek untuk lebih mengenal lingkungan kampus dan peraturan kampus. Selain itu mahasiswa baru juga akan mendapatkan pelatihan mental , berupa outbound di ruangan terbuka selama 3 hari, tujuannya adalah untuk melatih mental mahasiswa agar menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Karena kuliah di Polman Astra ini tidak semudah yang dibayangkan, untuk peraturan diterapkan seperti dunia kerja sesungguhnya, lalu menerapkan sistem gugur. Namun, dibalik itu semua selalu ada hasil manis yang akan didapat, dimana untuk link kerja terutama dari Astra Group terasa lebih mudah dibandingkan Mahasiswa dari Politeknik lainnya.
Daftar Pustaka
·         www.polman.astra.ac.id
·         Arifin.J dan A.Fauzi.2007.”Manajemen Sumber Daya Manusia”.Jakarta:PT.Elex Media Komputindo.
·         Manullah,Marihot.2006.”Manajemen Personalia Edisi ketiga”, Cetakan ke 5, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
·         Marwansyah.2010. “Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi kedua”, Cetakan ke 1, Bandung: CV ALFABETA.
·         Rivai ,Veithzal.2006.”Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: PT.Grafindo Persada.




Related Post :